Nama : Sasongko Triananda
Kelas : 4IB06
NPM : 1A414064
TUGAS SOFTSKILL KE-3 TEKNOLOGI INFORMASI & MULTIMEDIA
PROTOKOL INTERNET (IP)
1.
PROTOKOL
INTERNET
a)
Internet
Protocol (IP)
Alamat IP (Internet
Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32
bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer
host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4
atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan
alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistem
pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
a.
IP versi 4 (IPv4)
b.
IP versi 6 (IPv6)
Pengiriman data dalam
jaringan TCP/IP berdasarkan IP address komputer pengirim dan komputer penerima. IP
address memiliki dua bagian, yaitu alamat jaringan (network address) dan alamat
komputer lokal (host address) dalam sebuah jaringan. Alamat jaringan digunakan
oleh router untuk mencari jaringan tempat sebuah komputer lokal berada,
semantara alamat komputer lokal digunakan untuk mengenali sebuah komputer pada
jaringan lokal.
Informasi ini bisa
diketahui dengan mengkombinasikan IP address dengan 32 bit angka subnet mask.
IP address memiliki beberapa kelas berdasarkan kapasitasnya, yaitu Class A
dengan kapasitas lebih dari 16 juta komputer, Class B dengan kapasitas lebih
dari 65 ribu komputer, dan Class C dengan kapasitas 254 komputer.
Adapun Kelas-kelas IP Address sebagai berikut :
(a) Kelas
A
Alamat-alamat unicast
kelas A diberikan untuk jaringan skala besar. Nomor urut bit tertinggi di dalam
alamat IP kelas A selalu diset dengan nilai 0 (nol). Tujuh bit berikutnya untuk
melengkapi oktet pertam akan membuat sebuah network identifier. 24 bit sisanya
(atau tiga oktet terakhir) merepresentasikan host identifier. Ini mengizinkan
kelas A memiliki hingga 126 jaringan, dan 16,777,214 host tiap jaringannya.
Alamat dengan oktet awal 127 tidak diizinkan, karena digunakan untuk mekanisme
Interprocess Communication (IPC) di dalam mesin yang bersangkutan.
(b) Kelas
B
Alamat-alamat unicast
kelas B dikhususkan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar. Dua bit
pertama di dalam oktet pertama alamat IP kelas B selalu diset ke bilangan biner
10. 14 bit berikutnya (untuk melengkapi dua oktet pertama), akan membuat sebuah
network identifier. 16 bit sisanya (dua oktet terakhir) merepresentasikan host
identifier. Kelas B dapat memiliki 16,384 network, dan 65,534 host untuk setiap
network-nya.
(c) Kelas
C
Alamat IP unicast kelas
C digunakan untuk jaringan berskala kecil. Tiga bit pertama di dalam oktet
pertama alamat kelas C selalu diset ke nilai biner 110. 21 bit selanjutnya
(untuk melengkapi tiga oktet pertama) akan membentuk sebuah network identifier.
8 bit sisanya (sebagai oktet terakhir) akan merepresentasikan host identifier.
Ini memungkinkan pembuatan total 2,097,152 buah network, dan 254 host untuk
setiap network-nya.
(d) Kelas
D
Alamat IP kelas D
disediakan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, sehingga berbeda dengan tiga
kelas di atas. Empat bit pertama di dalam IP kelas D selalu diset ke bilangan
biner 1110. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk
mengenali host. Untuk lebih jelas mengenal alamat ini, lihat pada bagian Alamat
Multicast IPv4.
(e) Kelas
E
Alamat IP kelas E
disediakan sebagai alamat yang bersifat "eksperimental" atau
percobaan dan dicadangkan untuk digunakan pada masa depan. Empat bit pertama
selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan sebagai
alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.
b)
Jaringan
Jaringan Komputer
adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan
lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat
saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras
seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa
diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai
lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.
Tujuan
Membangun Jaringan Komputer :
Tujuan dibangunya suatu
jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya
kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver)
melalui media komunikasi.
Ada
beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu :
(a) Masih
mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana memanfaatkan jaringan
komunikasi yang ada secara efektif dan efisien.
(b) Jalur
transmisi yang digunakan tidak benar – benar bebas dari masalah gangguan
(noise).
Manfaat
Jaringan Komputer
(a) Sharing
resources
Sharing resources
bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat
dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa
terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
(b) Media
Komunikasi
Jaringan komputer
memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference
maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
(c) Integrasi
Data
Jaringan komputer dapat
mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak
harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke
tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi
yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
(d) Pengembangan
dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan
dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian
komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer
yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara
bersama-sama. Jaringan komputer
juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya
untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup
memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
(e) Keamanan
Data
Sistem Jaringan
Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan
pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap
harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
(f) Sumber
Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber
daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas
yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena
setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap
pemakai.
Jenis
Jaringan Komputer
Berdasarkan
jarak dan area kerjanya jaringan komputer dibedakan menjadi tiga kelompok,
yaitu:
(a) Local
Area Network (LAN)
Local Area Network
(LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang
berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk
menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan
atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer)
dan saling bertukar informasi. Dengan
memperhatikan kecepatan transmisi data, maka LAN dapat digolongkan dalam tiga
kelompok, yaitu:
(1) Low
Speed PC Network
Kecepatan transmisi
data pada Low Speed PC Network kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk
personal computer. Contoh dari jenis ini adalah Omninet oleh Corvus Systems
(network bus), Constalation oleh Corvus Systems (star network), Apple talk oleh
Apple Corporation.
(2) Medium
Speed Network
Kecepatan transmisi
data pada Medium Speed Network berkisar antara 1 – 20 Mbps dan biasnya
diterapkan untuk mini computer. Contoh dari jenis ini adalah Ethernet oleh
Xerox, ARC Net oleh Datapoint Corporation, Wangnet oleh Wang Laboratories.
(3) High
Speed Network
Kecepatan transmisi
data pada Hig Speed Network lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk
mainframe computer. Contoh dari jenis ini adalah Loosely Coupled Network oleh
Control Data Corporation, Hyper Channel oleh Network System Corporation.
(b) Metropolitan
Area Network (MAN)
Metropolitan Area
Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan
biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup
kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan
dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu
menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi
kabel.
(c) Wide
Area Network (WAN)
Wide Area Network
(WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup
sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang
bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
c)
Internet
Secara Global
Internet adalah
singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam Bahasa
Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian
jaringan. Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Rahmadi (2003) dalam modul
pembelajaran internet mengatakan bahwa internet merupakan sebuah sebutan untuk
sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik,
pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan. Lebih lanjut dijelaskan
bahwa intenet mampu untuk menyediakan askes untuk layanan telekomunikasi dan
berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakaiannya yang tersebar di
seluruh dunia. Internet memliki berbagai macam layanan-layanan internet
meliputi komunikasi secara langsung seperti email dan juga chatting, diskusi
seperti Usenet News, email dan juga milis serta sumber daya informasi yang
terdistrubusi (World Wide Web, Gopher), remote login, dan lalu lintas file
(Telnet, FTP), dan lain-lainnya.
Menurut strauss,
El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling
terhubung satu sama lain. Beberapa komputer- komputer dalam jaringan ini
menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan
komputer. Pengertian
internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer
yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet
secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena
menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Sedangkan
Jaringan adalah cara untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga setiap
komputer yang ada di dalamnya bisa saling berhubungan dan berbagi sumber daya.
Beberapa layanan
populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat
elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide
Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di
antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap
digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis
(Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini
(Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di
seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi
secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan
instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN
Messenger dan Windows Live Messenger.
“Internet tidak membatasi diri untuk
setiap definisi tertentu. Namun secara umum internet dapat didefinisikan
sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk
mengirimkan informasi”. (Engineers Garage)
2.
TCP/IP
TCP/IP
bukanlah sebuah protokol tunggal tetapi satu kesatuan protokol dan utility.
Setiap protokol dalam kesatuan ini memiliki aturan yang spesifik. Protokol ini
dikembangkan oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) untuk departemen
pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.
ARPA
mengingikan sebuah protokol yang memiliki karakter sebagai berikut :
a.
Mampu menghubungkan berbagai jenis sistem operasi.
b.
Dapat diandalkan dan mampu mendukung komunikasi kecepatan tinggi.
c.
Routable dan scalable untuk memenuhi jaringan yang kompleks dan luas.
Sebuah
alamat TCP/IP adalah nilai biner berukuran 32 bit yang diberikan kesetiap host
dalam sebuah jaringan. Nilai ini digunakan untuk mengenali jaringan di mana
host tersebut dan mengenali nomor unik host bersangkutan dijaringan tertentu.
Setiap host yang terhubung jadi satu pada sebuah internet work harus memiliki
satu alamat unik TCP/IP. Setiap
alamat terbagi atas dua komponen :
- Network ID
Ini adalah bagian dari
alamat IP yang mewakili jaringan fisik dari host (nama jalan dari rumah).
Setiap komputer dalam segmen jaringan tertentu akan memiliki ID jaringan yang
sama.
- Node ID
Ini adalah bagian yang
mewakili bagian individu dari alamat (nomor rumah). Bila komputer disegment
jaringan memiliki alamat, maka jaringan tersebut perlu tahu milik siapakah
suatu paket itu.
Seperti
yang disebutkan diatas tadi bahwa nilai IP adalah nilai biner 32 bit. Nilai
tersebut terbagi menjadi empat bagian nomor 8 bit yang disebut oktet. Contoh
alamat IP :202.149.240.66 dengan menggunakan contoh diatas, katakanlah
administrator mensetup jaringan dengan semua komputer memiliki bagian nilai
yang sama 202.149.240.XXX. kondisi inilah yang disebut network ID. Nomor pada
XXX adalah node ID-nya.
Setiap
alamat TCP/IP jatuh pada satu kelas alamat. Kelas mewakili sebuah grup alamat
yang segera dapat dikenali komponen software sebagai bagian dari sebuah
jaringan fisik. Misalkan, ambil contoh alamat TCP/IP berikut dan nilai
binernya. 10.149.240.66
00001010.10010101.11110000.10000010
dengan memperhatikan tiga nilai biner yang pertama, bisa dikatakan bahwa alamat
ini termasuk class A.
Setiap
komputer di sebuh jaringan biasanya ingin mengirim data langsung ke komputer
lainnya. Komputer pengiriman harus memastikan bahwa si penerima berada di
jaringan yang sama atau di luar itu. Subnet mask digunakan oleh protokol stack
TCP/IP untuk menentukan bahwa host yang akan dicoba dikomunikasikan berada di
jaringan lokal yang sama atau berada di jaringan remote. Ini adalah bagian yang
sangat penting dalam konfigurasi TCP/IP.
3.
WAP
Wireless
Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik
messaging service yang memungkinkan untuk sebuah telepon genggam digital atau
terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs
di internet dalam sebuah format teks khusus. Situs internet ini harus merupakan
situs dengan fasilitas WAP. WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan
pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet
juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari
90% pasar telepon genggam, software developer dan organisasi yang lain.
Ada
beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat
menampilkan laman sederhana saja dibandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung
bahasa xml dan gambar. WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi
bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai
bagian dari sistem pada masa depan sama halnya dengan Bluetooth dan GPRS. WAP
merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan
dapat dijalankan pada sistem jaringan yang berbeda. Teknologi ini merupakan
hasil kerja sama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka dan
berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi
untuk lingkungan nirkabel. Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan
kecepatan sekitar 1,6 kbps.
Keterbatasan
Perangkat WAP :
(a) Kemampuan
Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan
pada perangkat wired seperti komputer.
(b) Keterbatasan ukuran memori
(c) Penghematan
penggunaan daya (power) yang biasanya menggunakan batere
(d) Ukuran
display yang lebih kecil dan terbatas
(e) Input
device yang berbeda dengan device biasa
Disain
dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML
(Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk
perangkat nirkabel yang memiliki keterbatasan seperti di atas.
Contoh
Penggunaan WAP
(a) Informasi
jadwal keberangkatan penerbangan
(b) Transaksi
pembelian tiket
(c) Pendaftaran
keberangkatan pesawat
(d) Informasi
lalu lintas
(e) Daftar
informasi kondisi cuaca
(f) Informasi
nilai stok
(g) Mencari
informasi nomor telepon atau alamat
(h) Informasi
artis atau selebriti
(i) Mencari
informasi sari dunia maya
(j) Penge-hackan
4.
WWW
Perlu diketahui
www adalah kepanjangan dari World Wide Web, dan Pengertian www
adalah
sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan dan menyebarkan data ke jaringan
internet berskala besar yang ada di seluruh penjuru dunia. www sering dianggap
sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya hanya istilah
bagian dari internet.
(a) Sejarah
WWW
Bukan hanya pengertian
www saja yang akan dibahas, tetapi juga Sejarah www yaitu pertama kali
dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa, Jenewa Swiss sekitar
tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara
global. Ketika pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 1995. www
benar-benar menjadi perhatian masyarakat dunia internet.
Program ini digunakan
untuk menggantikan FTP yang sudah sejak lama digunakan sebagai pengatur lalu
lintas jaringan internet. Program www yang dibangun dari ‘equire’ temuan lee
ini benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru yang pada waktu itu belum pernah
terbayangkan dan terfikirkan kebanyakan orang.
(b) Bagaimana
WWW bekerja?
(1) Informasi
web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web
(2) Web
page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan
server-server web
(3) Komputer-komputer
membaca web page disebut sebagai web client
(4) Web
client menampilkan page dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan browser
web (web browser)
(5) Browser
web yang populer adalah Internet Explorer dan Netscape Navigator.
Browser Web adalah
software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Browser
tersebut ada yang menampilkan secara text yaitu Lynx, ada pada lingkungan DOS
dan *nix (keluarga sistem operasi Unix). Dan browser yang menggunakan mode
grafik yaitu Internet Explorer dan Netscape Navigator.
Bagaimana Browser
mengambil page ? Suatu browser mengambil sebuah web page dari server dengan
sebuah request. Sebuah request adalah HTTP standar yang berisi sebuah page
adddress, contohhttp://www.mangosoft.com/page.html Bagaimana Browser Menampilkan page ? Seluruh
web page berisi instruksi-instruksi bagaimana untuk ditampilkan. Browser
menampilkan page dengan membaca instruksi-instruksi ini, instruksi yang paling
umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML.
Server web adalah
komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, serta melayani
permintaan dokumen web dari kliennya. Browser web berkomunikasi melalui
jaringan dengan server web menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request
kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakn
oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia dengan
menggunakan protokol HTTP.
SUMBER :
*http://nurasiah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/37091
*http://repository.unpas.ac.id/13120/5/BAB%20II.pdf
*http://sularno.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/47354/KTIMateri8+jaringan+Komputer
*https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP
*https://id.wikipedia.org/wiki/Wireless_Application_Protocol
How to make money at Betfair - WorkShort
ReplyDeleteHow to make money on Betfair? — Betfair's หาเงินออนไลน์ online gambling site is designed to encourage customers to bet their favorite sports to get